Gerakan Kayang: Pengertian, Manfaat

 

Present kayang bisa terlihat menyeramkan. Namun apabila Anda berhati-hati mencoba, gerakan ini tidaklah semenakutkan yang dibayangkan. Salah satu bola88 cara melakukan gerakan kayang adalah dengan menjalani latihan gerakan lain untuk mempersiapkan tubuh.ayang juga dikenal dengan nama Urdhva Dhanurasana, Chakrasana, up bow present, back span, atau wheel present, dalam yoga. Meski terlihat sulit, bukan berarti mustahil bagi Anda untuk mencobanya. Namun, melakukannya tentu tetap membutuhkan kekuatan serta fleksibilitas.

Cara melakukan gerakan kayang adalah

Kayang merupakan salah satu gerakan backbend. Present ini pada dasarnya dilakukan dengan cara membuka dada, pundak, serta pinggul. Biasanya, present backbend yang satu ini diperagakan Bola88 menjelang akhir sesi yoga. Berikut ini adalah tahapan dalam melakukan kayang.
Berbaringlah terlentang dengan punggung menempel pada lantai atau matras.
Tekut lutut, dekatkan telapak kaki ke arah bokong. Ukur dengan jari. Pastikan jari tangan bisa menyentuh tumit. Kedua kaki harus paralel dan berjarak dari pinggul.
Tekuk siku dan bawa telapak tangan ke arah kepala. Posisikan di bawah pundak, dengan jari mengarah ke kaki.
Tarik napas dan tekan telapak tangan dan kaki, sembari mengangkat pundak dan pinggul dari lantai. Jangan langsung mengerahkan kemampuan maksimal untuk menaikkan tubuh.
Arahkan bagian atas kepala ke matras, pastikan tidak memberikan beban terlalu banyak pada leher.
Gunakan tangan atau kaki untuk menopang. Berhenti agen idn poker sejenak di sini untuk memastikan posisi siku tetap paralel dan tidak membuka ke samping.
Luruskan lengan seiring gerakan mengangkat kepala dari lantai.
Pastikan kaki dan lutut dalam posisi paralel satu garis.
Busungkan dada lebih naik.
Mulailah luruskan kaki.
Sebagai persiapan untuk mengakhiri present kayang, dekatkan dagu ke dada. Turunkan tubuh perlahan.
Beristirahatlah sembari meluruskan kaki di lantai.
Cobalah untuk melakukan gerakan kayang beberapa set dengan tiga kali gerakan setiap setnya. Jika masih belum kuat melakukannya, kombinasikan dengan satu atau dua kali present scaffold.

Melatih Kekuatan Otot Tangan dan Kaki

Gerkan kayang mampu melatih kekuatan otot perut, kaki, bahu, tangan dan pinggang. Biasanya orang yang mampu melakukan gerakan ini mempunyai tubuh yang prima dan kelenturan tubuh yang sangat baik.
Enam+07:07VIDEO: Features PLN Versatile Proliga 2023, Jakarta Pertamina Fastron Kalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
Gerakan kayang sama seperti latihan sikap lilin, yakni melatih kelenturan tubuh, namun yang membedakan adalah letak tumpuan dan arah kaki.
Meski sering mendengar tentang gerakan kayang, banyak yang belum mengerti manfaat dari olahraga satu ini. Kebanyakan hanya mengetahui bahwa gerakan ini untuk tujuan kelenturan.

Padahal, masih ada manfaat lain dari gerakan kayang bagi kesehatan tubuh.
Namun, sebelum melakukan gerakan ini, kayang tidak dianjurkan bagi pengidap cedera punggung, orang yang memiliki carpal passage condition, kelainan jantung, sakit kepala, serta diare.
Gerakan kayang ini sebaiknya juga tidak dilakukan oleh penderita tekanan darah tinggi maupun rendah.
Berikut manfaat gerakan kayang bagi kesehatan tubuh dan cara melakukannya, dinukil dari Klikdokter

1. Menambah Fleksibilitas Tulang Belakang dan Pinggul

Berdasarkan MBG Development, gerakan kayang bermanfaat untuk menambah fleksibilitas dan elastisitas tulang belakang dan pinggul.

Seiring bertambahnya usia, tulang belakang mengalami tekanan dari tubuh yang kian melemah. Terlebih jika Anda banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk.

Gerakan kayang dapat meremajakan tulang belakang dan pinggul agar tetap elastis dan fleksibel.

2. Melatih Kekuatan Otot Tangan dan Kaki

Gerakan kayang dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki Karena posisi tubuh bertumpu pada tangan dan kaki sehingga gerakan ini dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki.

Selain itu kayang bermanfaat menambah kekuatan otot bahu, perut, dan dada.